Cara Memperbanyak ASI Perah Yang Manjur Dan Terbukti

Bagi sebagian ibu, terdapat beberapa kendala yang mengharuskan anaknya tidak mendapatkan asupan ASI langsung dari tubuh sang ibu. Ibu yang menjadi seorang wanita karir tentu tidak bisa selalu ada untuk menyusui anak kesayangannya tersebut. Faktor seperti kondisi ibu yang mengalami hal yang tidak baik pada tubuh luarnya pun bisa menjadi penyebab lainnya.

memperbanyak-asi-perah

 

Untuk itu diperlukan proses yang dikenal dengan nama ASI perah. Lalu bagaimana cara memperbanyak ASI perah yang manjur dan sudah terbukti hasilnya? Kami jelaskan hal tersebut dengan sederhana.

  • Pemompaan

Untuk bisa membuat ASI perah tentu yang dibutuhkan adalah proses pemompaan. Pompa yang dipilih haruslah steril dari bakteri dan zat yang tidak diinginkan. Anda bisa menggunakan cara yang manual ataupun menggunakan mesin. Jika menggunakan cara manual, pompa yang dipilih bisa didapatkan di toko perlengkapan bayi yangada di sekitar Anda.

Namun jika Anda ingin menggunakan mesin sedot, maka perlu dilakukan penanganan oleh sebuah lembaga atau ahli untuk melakukan hal tersebut. Hal ini karena mesinnya terbilang sangat mahal dan hanya terdapat di rumah sakit atau lembaga yang sudah mendapat izin khusus terhadap penggunaan mesin sedot yang aman untuk ibu dan ASI yang dikeluarkan. Dengan proses pemompaan, maka ASI akan lebih cepat terangsang dan menjadi bertambah jumlahnya.

  • Pemijatan

Jika kini Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk bisa menyusui bayi, tentu kondisi payudara akan sedikit mengalami kekakuan. Untuk itu diperlukan sebuah pijatan yang bisa memperlancar ASI. ASI perah bisa dihasilkan dengan banyak dengan melakukan pemompaan yang ditambahkan dengan pemijatan. Anda bisa menggunakan lotion atau baby oil untuk memperlancar proses pemijatan. lakukan secara lembut dan arahkan pijatan tersebut kearah puting. Dengan begitu diharapkan ASI akan keluar dengan banyak.

  • Penyusuan

Tidak selalu ibu yang menggunakan ASI perah harus melakukan hal tersebut setiap waktunya. Ada kalanya Anda bisa langsung menyusui bayi tersebut secara langsung. Proses tersebut ternyata bisa menambah produksi ASI dalam tubuh sang ibu. Sentuhan langsung antara kulit bayi dengan kulit ibu menjadikan terjadinya reaksi kimia yang mempercepat produksi ASI.

Jadi Usahakan untuk melakukan pemberian ASI ekslusif secara langsung meski hanya sekali. Cara memberikan ASI perah pun harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengakibatkan bayi menjadi tersedak dan terhindar dari bakteri.

  • Posisi nyaman

Agar cara memperbanyak ASI perah ini dapat menghasilkan ASI yang banyak, maka posisi ketika melakukan hal tersebut merupakan faktor yang penting. Posisi yang nyaman menjadikan proses pemompaan atau penyedotan ASI menjadi lancar dan tidak akan ada hambatan. Biarkan tubuh Anda rileks dalam melakukan hal tersebut.

Peran suami berpengaruh untuk bisa membuat istri menjadi nyaman melakukannya. Seorang suami bisa membantu proses pemompaan tersebut, bisa juga dengan hanya mendampingi sambil menggendong bayi. Kedekatan tersebut berpengaruh terhadap posisi kenyamanan seorang ibu untuk menghasilkan ASI yang cukup banyak.

Dengan demikian wanita karir yang baru memiliki anak bisa tetap bekerja tanpa harus menghilangkan kewajibannya untuk memberikan ASI ekslusif terhadap anaknya. Demikian cara memperbanyak ASI perah yang wajib Anda ketahui.

This entry was posted on by .